FAKTA UNIK SINCE 2005-2011

Posted: Juni 15, 2011 in CE-TE-EM

Sisi lain dari Darunnajat pencetak generasi spritual dan intelektual ternyata menyimpan hal-hal yang akan begitu menarik untuk dipublikasikan. Berikut hasil survey dari penelitian kami.

Di Hamam
1.”BA’DAKA” sebuah password untuk mereka yang ngantri mandi.
2.Antrian berlaku untuk anak yang telah menyandang gelar Ba’daka terlebih dahulu, bukan siapa cepat dia dapat.
3.Nyaris berebut mandi khamam tiap pagi mulai jam 03.00 WIB.
4.Ada juga yg reseh ngumpetin baju trus dobrak pintu yg mandinya lamma.
5.135 % hasil riset kami membuktikan bahwa mandi yg paling lama adalah Nevilla.
6.Ada juga yg lama biasanya dikunci dari luar.
7.Silat lidah adalah hal yang biasa pas lg rebutan khamam.
8.Saking rakusnya, umpet2an gayung sebelum tidur demi mandi pagi.
9.Kalo ke khamam punya basa sendiri. Nangis=pipis, nyanyi=BAB, marching band=kentut.
10.Ada-ada sajaa…..
11.”Jangan diloudspeaker donk../” begitulah santri kalo mengingatkan temannya ketika sedang di khamam.
12.perusak bahasa di khamam “Ba’da nyong & Ba’da koe'”
13.Begitulah hasil surveyku untuk putri dari no 2-11. kalo no 1, baik putra maupun putri sering memaikannya
14.Rata2 santri mandi 3 sampai 10 menit, mungkin karena fator X.
15.Tergesa2 menyebabkan 60% santri untuk berkata: lam ahtasil (akfifitas sekolah)
16.Ghorb dan sungai sebagai alternative ketika hamam gak ada air.
17.Dreamland lebih asyik daripada Sanimas buat mandi.
18.Qonat jalan pintas untuk mereka yang kebelet BAB ktika hamam dipenuhi pelanggan.
19.malas modal, kata yang tepat untuk mereka yang hanya membawa sikat tanpa odol, berharap ada donator.
20.hanya 1 dari 100 santri yang berhanduk setelah mandi. Selebihnya make sarung to kaos.
21.Mayoritas lebih memilih sabun batang daripada sabun cair, guna mengantisipasi keawetan.
22.Celana Boxer disenengi para santri ketika mandi di Dremland (petelesan). Setelah itu pasti diterlantarkan tanpa memperdulikan siapa pemiliknya.
23.Gayung tak ada, Quba’ahpun jadi.
24.ada gayung atupun tak ada gayung, biasanya habis makan langsung menceburkan tangannya ke kolam.
25.Bangkrut untuk mereka yang mbawa odol, sabun cair, sampo, facial foam.
26.mengantisipasi kebangkrutan mereka biasa menyimpan sampo diatas kepala, menyimpan odol diatas gigi atau mencolekkan di sekitar wajah.
27.Sering juga ada kejadian habis BAB yang gak disiram. Mungkin karena factor waktu dan air.
28.Ngintip orang mandi adalh hal yang biasa.
29. Adzan dan mbuka pintu pas lg proses mandi dll. Adalah alasan untuk mereka yg berhalusinasi bahwa banyak setan di kamar mandi.

Di Mathbah
1.Untuk penghormatan, kucantumkan nama Ade Nugroho disurvey kami yang pertama.
2.Dulu kami lebih sering disuruh untuk makan.
3.Para santri harus bersopan santun jika mengambil jatah nasi. Jika tidak, gebrakan mejapun ikut jadi idam.
4.Santri berlomba untuk jadi thobah ketika mau ada ijtima dan isu tentang jeritan malam.
5.Thobah hari jum’at tidak menjadi pilihan santri, karena factor tidak masuk kelas.
6.Kesimpulan, jadi santri pengin thobah kalo lagi males.
7.Merasa beruntung bagi thobah pas dapur habis belanja.
8.kangkung, selebor, kolek kentang tanpa dikupas, timun asrep, terong , dan tempe rebus adalah menu keseharian pas mathbah samping masjid.
9.Nasi gemading (1/2 matang) membuat selera makan santri mernurun drastis.
10.makan telor mata buta(1/2 thok), asrep lagi.. seminggu dua kali.
11.Doorprize bagi mereka yang membayar uang makan ontime.
12.kalo makan bareng2 biasanya make nampan. Kalo pengin banyak, ngumpulin alias ngmbilnya satu2.
13.lebih asyik makan rame2 (1 nampan for all). Dalam hati sih… duh masih laper,,.

14.Rata2 peminjam nampan tak bertanggungjawab buat nyuci palagi mbalikin.
15.Kurang gizi. Gak pernah makan daging, paling pas idhul adha. Itu juga banyakan kuahnya.
16.faktor makan rebutan, nasi pada berceceran.
17.Paling2 makan cumin pake sayur, jadi kalo ada duit beli gorengan buat nemenin sayur.

18.kalo duitnya cuman lima ratus beli kerupuk.
19.lebih enak buat minjem piring yang gak tau siapa pemiliknya biar gak usah mbalikin.
20.kalo pengin makan pasti nanya dulu “ayyu idamin”.
21.Kebanyakan Persada dan Kelas Enam lebih memilih makan diluar daripada makan di mathbah.
22.biar ada kesan natural kelas enam nyebut idam di mathbah dengan panggilan khusus. L 300 = kol, kayu bakar = nasi goreng sangit, sensus = sayur yg dibungkus make plastik, tangkringan bancet = kangkung, kolek kentang = sayur kentang bening, kacang panjang = kacang panjang yang dah di potong2, padahal dah dipotong2 koq masih ja disebut panjang.
23.Jadi, orang yang ngomong sayur kacang panjang adalah orang yang otaknya gak jalan.&*^$%///……
24.kalo gak da piring ato nampan biasanya makan make gayung, plastic, daun singkong, bahkan ada yang make tutup panci.
25.Tragis sekali yah di pondok…..
26.Kebiasaan buruk adalah perompakan mathbah oleh pihak yg tdk bertanggungjawab setelah belanja. Sasaran utama adalah: tomat, timun, tahu, bakso dan telor.
27.Habis tidur pasti kan garuk2, lo waktunya makan biasanya langsung makan tanpa cuci tangan.. jorok ya,,,,
28.Mereka beranggapan kalo mati juga di pondok inih….. (syahid pa sangit??).
29.kadar perut santri biasanya banyak. Jam 2 makan, pasti sore dah laper lagi.
30.Kesimpulan diatas, santri suka makan, ato sering disebut dengan badogan.
31.Kalo dah pada kenyang, langsung tidurrrrrr ……..!@##$@#%….>>.
32.Sasaran tempat tidur yg paling strategis adalah di masjid pas lg wirid(&(&^

Di masjid
1.Paling males kalo denger teng-teng jaros ke masjid
2.santri lagi enak2 tidur dibangunin bulis suruh ke masjid
3.mayoritas santri sering acting sakit kalo lagi males, buat izin ke Qismu ta’lim.
4.kebanyakan santri yang males masuk masjid pas qomat daripada tepat waktu,apalagi kalo jadi mudabbir hujroh.
5.ya iyaaa lahh…. Wonk bocah males!!!
6.para santri yg males bangun pagi, pas bangun malah mau salam terahir, mereka lebih memilih untuk pergi ke masjid terlebih dahulu tnpa wudhu, dan setelah salam mereka izin ke hamam (pura pura) , untuk menjalankan sholat yg sesungguhnya.
7.ada juga salah seorang santri yg gemar mimpi basah, pas bangun udah qomat, untuk menghindari amukan Qismu ta’lim (goib), dia lebih memilih untuk bergegas ke masjid tanpa memikirkan wudhu & mandi besar…?????
ini fakta lowh.. saya yg jadi saksi mata…
8.pengen tahu siapa dia…?????????
9.tanyakan ke crew redaksi….
10.ada juga para santri yang kebablas tidur, biasanya kalo pas waktu solat ashar & shubuh, untuk cari aman mereka biasa ngumpet di tumpukan viros
11.untuk santri yang ga ada sandal pas masuk waktu solat, mereka sering menggunakan sepatu sebagai penangkal petir Malaikat Majid. Ada juga yang unik, mereka yang suka kebersamaan (gendong-gendong’an).
12.Qismu Ta’lim pasti stand by depan masjid guna menyambut kedatangan para santri yang arif & bijaksana.
13.jadi….. Qismu Ta’lim bagaikan seorang resepsionis hotel.
14.Suara wirid menentukan keselamatan para santri pas ijtima malem.
15.santri yang pelan ataupun tidur dikala wirid bakal mendapat sabetan sorban, tasbih, sajadah, ada juga yg dijejelin garem atau disemprot kispray.
16.ketika mati lampu, volume wirid nambah keras.
17.ketika di hamam lagi ga ada air kebanyakan santri pada wudhu & mandi di masjid, buat para persada mereka lebih memilih ta’mir…… akan tetapi mereka harus bersahabat dahulu dg Bapak Lurah Masjid!!!!!
18.pengen tau siapakah Bapak Lurah yang mempunyai wewenang sepenuhnya??
19.kunjungi website kami http://www.wonk2lebay.com
20.kebanyakan Persada & Kelas Enam suka mandi, buang hajat, wudhu, tidur, bahkan ada yang Adzan di masjid, tetapi untuk urusan solat mereka lebih memilih menunaikannya di kamar..!!!?????@#$%^

21.Kalo kitab berserakan, tyus gak pd diambil biasanya Ka’ Ta’lim melelangnya.
22.Kalo ada sedikit celah hijab yg kebuka, gak santri putra to putrid saling curi pandang. Ada juga yg saling es em esan lwat sepucuk kertas lewat bawah hijab.
23.Santri yang kaya gituan, berarti dia gak konsen bhw dia da di rumah Tuhan.
24.pas santri ada waktu makan di masjid, mereka berlomba untuk mempercepat sholat ba’diyahnya.
25.50 % santri yg disiplin dalam membawa kitab pas ta’alum, selebihnya hanya untuk menggugurkan kewajiban ato cari aman dari pengurus. Terutama Ka’ Persada dan Kelas Enem.
26.Kelas enam da Persada jarang ngikut burdahan. ^%*&^…
27.Kedatangan KH. Abdul Basyir Irsyad bagaikan seorang actor yg akan tampil di panggung (banyak yg keprokan). Dan Beliau seperti Nabi Musa yg bisa membelah lautan dengan tongkatnya.

Di Kelas
1.Kebanyakan santri lebih takut goib jamaah daripada goib sekolah.
2.Banyak juga yg make seragam sembarang. (bj. putih+cln. item, bj. pramuka+cln. abu2, dll).
3.Tidur di kelas adalah hal yg biasa.
4.Kelas sebagai tempat yg strategis tuk ketemuan dg lawan jenis, palagi lo pacarnya sekelas>>>>>????
5.Jangan meniru adegan ini, HARAM!!!!!!
6.PR dikerjakan 10 menit sebelum Sang Guru masuk kelas, tp kebanyakan loh….
7.Pas gi gak da guru, mereka biasanya langsung kabur ke kamar, tidur, chatingan ma lawn jenis or doinya, dan hanya 0,002 % yg gunain wat belajar.
8.Kalo mbolos paling hukumannya dijemur and nulis surat Al-Qur’an berkali2.
9.gak da yg bawa tas ke kelas. Lo da yg bw, pasti temen2 yg lain mengiranya dah gila.
10.Karena sekolah mereka deket dg asrama.
11.Santri yg males modal biasanya mereka sering nyari pulpen yg tertinggal dilaci.
12.pas jaros belajar malam berakhir, biasanya Keamanan Pa/Pi menginvestigasi ke suluruh kelas barangkali da sswtu yg mengganjal.
13.Mayoritas santri putra paling malas kalo ditarikin uang kas kelas.
14.stuktur kelas hanya sebagai formalitas belaka.
15.Upacara hanya dilakukan setaun tiga kali (mau ujian, awal taun, muwada’ah).
16.Belajar malam yg serius cuman 2 kali setaun yakni sebulan sebelum ujian.
17.Pelajaran pondok lebih digemari daripada pelajaran luar.
18.Banyak juga lo guru lg nerangin anak2 ngobrol sendiri.
19.Ada beberapa guru sering melakukan CTL (catet tinggal lunga), inilah waktu yg ditunggu2 oleh santri.
20.Waktu sholat dzuhur tergantung jaros akhir sekolah.

Di Kamar
1.Setiap kamar dihuni oleh 30 sampai 35 santri.
2.Melangkahi kepala yg gi tdr itu hal yg lumrah bagi mereka.
3.Kalo daur ngepel kamar, intinya basah thoq…
4.Karena kalo gak kliatan ngepel, malemnya lgsg dpt ganjaran ri mudabbir.
5.Gak ikhlas yah….
6.Orang pelit adalah sebagai objek perompakan to’am. Dengan mendobraknya lemari si Bakhil.
7.Lemari bocah pelit, dikunci dengan gembok kapal, sungguh sangat besar sekali.
8.santri pelit biasanya nyimpen to’am ampe jamuran,kalo dah jamuran baru dibagi-bagi.
9.Orang pelit makannya dengan memasukan kepala ke lemari.
10.Tragis sekali kan????
11.”Seluruh santri wajib tidur di kamar masing-masing tanpa terkecuali dan seluruh lemari harus dikunci”.
12.Begitulah bunyi tengko dari Keamanan……
13.Garuk-garuk tanpa efek samping pake setrika #@%$
14.kalo ada yang mudif, cari perhatian ke ortunya, pura- pura nanya biar suruh makan bareng.
15.Pinter juga kan…..
16.firos, selain buat tidur juga multifungsi loo,buat keset kaki kotor.
17.lemari semrawut nandain orang jorok.
18.kamar jauh lebih mengakrabkan persahabatan tinimbang kelas.
19.Anak baru jadi momentum buat nambah uang jajan buat bisnisman, faktor lugu dan percaya sama manfaat Minyak Hikmah ato rajah.
20.Karena anak lama susah dibodoin.
21.Nasi, jurus jitu buat mbangunin santri.
22.Hal paling meyebalkan bagi santri adalah pas perpindahan kamar.
23.Anak males biasanya nyucinya nyampe lemari kosong.
24.Setelah nyuci, pakean disetrika make kamus yg tebal to buku muhadloroh.
25.Kamar Persada dan Kelas Enem kotor banget.
26.Di dalem kamar PSD n Kls 6 terdapat banyak firosh jarahan dari kamar anggota.
27.Kalo mau tidur biasanya ndengering orang ndofok dulu.

itulah hasil penelitian di lapangan dan sebagian dari pengalaman pribadi selama mondok di Darunnajat since 2005-2011.
semoga ini bisa menjadi kaca bagi kalian untuk melakukan sesuatu. but not least, yang baik-baik aja yah….

Mau keluar? tulis disini dulu...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s